Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

4 Penyebab Doc Ayam Broiler Lumpuh dan Gejalanya

Apa perbedaan Asuransi Pendidikan & Tabungan Pendidikan?

image by ceu.edu


Dari sekian warga indonesia yang menabung di bank merencanakan untuk mengikuti program tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan anak. Hal ini menjadi masalah yang sama yaitu resiko didalamnya akan tetapi berbeda tingkat resikonya. Dilihat dari tabungan pendidikan bagi nasabah akan mengalami permasalahan terhadap bank karena sering kali kendala nominal tabungan pendidikan berkurang dan pahami terlebih dulu sebelum memilih rencana masa depan buah hati kita.

Dalam sekelilas tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan itu sama-sama menyiapkan anggaran itu sekolah nantinya. Banyak perusahaan perbankan menggunakan produk ini untuk memperluas penjualan jasa mereka tapi kita harus hati-hati dengan hal ini, bisa jadi kita sendiri yang dirugikan. Kita akan bahas secara detail apa perbedaan tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan sebagai berikut :

Tabungan Pendidikan

Sebuah produk yang kebanyakan dikeluarkan oleh pihak perbankan. Tabungan ini dijaminkan oleh LPS (lembaga penjamin simpanan) dengan ketentuan dan syarat tertentu setiap bank berbeda-beda. Bilamana bank tersebut sudah tidak bisa lagi beroperasi (collpase) maka LPS memberi jaminan uang tabungan anda aman atau bisa di kembalikan. Nasabah yang menyetor dana yang telah disepakati di awal setiap bulan nya sampai jatuh tempo. Sistem tabungan pendidikan dikelola oleh bank dalam bentuk tabungan berjangka (tenor jangka 2-5 tahun tergantung ketentuan bank tertentu) atau deposito.

Dimana dana yang rutin disetorkan akan dapat diambil saat anak anda mulai masuk ke sekolah dan kadang pihak bank menawarkan asuransi untuk melindungi tabungan pendidikan saat terjadi hal yang tak terduga. Kalau orang tua sudah tidak bisa meneruskan setoran (meninggal) maka setoran tersebut akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Tanpa khawatir sekolah anak anda terputus karena dana pendidikan akan terus berjalan.

Asuransi pendidikan

Produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk program proteksi dan investasi, pada saat jatuh tempo hasil investasinya akan jauh berbeda dengan tabungan pendidikan. Perbedaan yang mencolok adalah dimana salah satu produk proteksi yang melindungi keuangan anda saat terjadi hal yang tidak diinginkan maka dapat digunakan atau klaim asuransi pendidikan tersebut dengan nominal yang telah disepakati. Asuransi pendidikan rata-rata diberikan jangka waktu antara 5-10 tahun dan ini berjangka waktu lebih panjang dari pada tabungan pendidikan. Dan biasanya ada tambahan fitur jika anda mengambil produk asuransi pendidikan yaitu asuransi jiwa dimana jika anak tutup usia sebelum masuk kuliah akan dibayarkan uang pertanggungan.

Anda pasti sudah tau apa perbedaannya tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan yang kadang kala anda tidak mengerti atau diberi tau sejak awal oleh pihak bank tersebut atau agen asuransi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan tergantung dengan anda yang ingin gunakan untuk masa depan anak. Jangan sampai salah untuk memilih dana untuk pendidikan masa depan anak anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Pendidikan Anak dengan Mudah

4 Aneka Olahan Roti Tawar Yang Menggugah Selera

4 Penyebab Doc Ayam Broiler Lumpuh dan Gejalanya