Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

4 Penyebab Doc Ayam Broiler Lumpuh dan Gejalanya

7 Peraturan Dasar dalam Hal Perawatan Gigi Palsu


Seperti halnya gigi asli, gigi palsu juga perlu dirawat jika Anda tidak mau bolak-balik mengganti gigi palsu. Berikut ini 7 peraturan dasar yang harus diikuti dalam hal perawatan gigi palsu:


1.     Lepas gigi palsu sebelum tidur.


Melepas gigi palsu setiap malam akan membantu jaringan mulut dan gusi beristirahat setelah dipasangi gigi palsu sepanjang hari. Taruh gigi palsu di dalam gelas berisikan air hangat terutama jika gigi palsu Anda ada kait metalnya agar gigi tidak kering yang bisa mengakibatkan perubahan bentuk gigi palsu. Jika tidak ada kait metal, Anda bisa menaruh gigi palsu di larutan yang berisikan air dan cuka dengan rasio 1:1 untuk membersihkan gigi palsu dari bakteri dan plak yang menempel. Setidaknya gigi palsu dilepas selama 6-8 jam per harinya.


2.     Rawat gigi palsu dengan hati-hati


Gigi palsu terbuat dari bahan yang mudah pecah, dan harga gigi palsu tidak bisa dibilang murah. Jadi Anda harus hati-hati saat merawatnya. Jangan gunakan sikat gigi berbulu kasar (hard) untuk menggosoknya. Jangan gunakan tusuk gigi saat mengenakan gigi palsu. Jangan meninggalkan gigi palsu di sembarang tempat terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan piaraan.


3.     Bersihkan setiap hari.


Meskipun gigi palsu terbuat dari bahan yang tidak akan membusuk atau bolong, Anda tetap harus rajin membersihkannya setiap hari karena gigi palsu tetap bisa ditempeli plak dan bakteri. Gunakan sikat gigi berbulu lembut (soft) atau sikat gigi khusus gigi palsu. Gunakan pasta gigi biasa yang tidak terlalu keras komposisi bahannya.


4.     Jaga kebersihan mulut secara keseluruhan


Gigi asli tetap harus dijaga dengan rajin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari. Kebersihan mulut juga perlu dijaga dengan kumur-kumur menggunakan mouthwash agar terhindar dari masalah gigi, gusi, dan mulut.


5.     Periksa ke dokter setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali


Dokter gigi akan memeriksa perubahan jaringan pada mulut atau jika ada luka di mulut yang berpotensi menjadi kanker. Anda juga bisa mendapatkan tips bagaimana cara menjaga mulut tetap higienis saat datang periksa.


6.     Periksa ke dokter jika gigi palsu tidak pas lagi atau terasa tidak nyaman


Gusi dan tulang rahang lama kelamaan akan berubah bentuk, jadi gigi palsu bisa saja tidak pas lagi. Gigi palsu yang tidak pas akan menimbulkan nyeri, luka, atau penyakit periodontal.


7.     Menutrisi tubuh dengan baik


Saat pertama kali memakai gigi palsu atau selanjutnya, Anda mungkin akan kekurangan nafsu makan akibat rasa nyeri di gigi saat memotong atau mengunyah makanan-makanan keras. Akibatnya Anda akan kekurangan nutrisi. Itu sebabnya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi agar tidak timbul komplikasi penyakit lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Pendidikan Anak dengan Mudah

4 Aneka Olahan Roti Tawar Yang Menggugah Selera

3 Asuransi Pendidikan dengan Premi Murah