Langsung ke konten utama

4 Penyebab Doc Ayam Broiler Lumpuh dan Gejalanya



Peternak yang menggeluti budidaya ayam broiler ini semakin banyak. Kunci kesuksesan dari ayam broiler adalah bisa merawat DOC periode starter sampai siap panen. Memang berbagai macam kendala akan menimpa peternakan yang digeluti oleh peternak mulai dari penyakit sampai dengan kematian DOC. Agar bisa menghasilkan panen yang maksimal tentunya harus banyak DOC yang bertahan hidup sampai masa panen tiba. Berbeda halnya jika hanya ada sedikit DOC saja yang bertahan hidup, maka sedikit pula yang bisa dipanen sehingga pemasukan juga sedikit pula.
Salah satu kendala yang menyerang DOC ayam adalah kelumpuhan. Sebenarnya kelumpuhan ini tidak terjadi pada periode starter saja, namun grower maupun finisher pun bisa mengalaminya. Agar lebih waspada, simak beberapa penyebab mengapa DOC ayam broiler maupun ayam jenis lainnya mengalami kelumpuhan seperti berikut ini:

Kaki yang Lemah

Hal pertama yang bisa menyebabkan DOC ini mengalami kelumpuhan adalah kondisi kaki yang lemah. Kelumpuhan dibagi menjadi dua macam yaitu sementara atau permanen. Kelumpuhan sementara bisa terjadi akibat jarak tempuh distribusi DOC yang memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu kaki DOC menjadi lemah dan tidak bisa berdiri dalam waktu tertentu. Saat itulah DOC ayam terserang kelumpuhan sementara. Namun jika kaki lemah tersebut dikarenakan penyakit yang bersarang di dalam tubuh ayam kelumpuhan bisa menjadi permanen.

Kadar Nutrisi Tidak Seimbang

Yang bisa menyebabkan DOC menjadi terkena kelumpuhan adalah kadar nutrisi tidak seimbang. Terlalu banyak karbohidrat maupun lemak akan membuat protein, mineral maupun vitamin di dalam tubuh DOC ayam menjadi rendah. Penimbunan lemak akan menjadi dominan dibandingkan dengan pertumbuhan otot. Hal itulah yang menyebabkan kerangka tulang DOC tersebut menjadi lemah. Kaki pada DOC pun menjadi terlalu lemah untuk menumpu badannya sendiri yang terlalu banyak lemak dan karbohidrat. Agar nutrisi menjadi seimbang peternak harus mengetahui kandungan nutrisi apa aja yang dibutuhkan oleh DOC tersebut. Setiap periode ayam membutuhkan kandungan nutrisinya masing-masing yang mana bermanfaat untuk tumbuh dan kembangnya secara maksimal.

Penyakit Pencernaan

Penyebab DOC ayam broiler mengalami kelumpuhan yang paling sering terjadi adalah penyakit pencernaan. Ketika ayam terkena penyakit yang berhubungan dengan pencernaan maka fungsinya menjadi tidak seimbang sehingga penyerapan nutrisi pun menjadi tidak sempurna. Akibatnya DOC ayam menjadi kekurangan nutrisi tertentu yang tidak bagus untuk tumbuh kembangnya.

Rakitis

Kelainan genetik seperti rakitis bisa menyebabkan DOC mengalami kelumpuhan. Rakitis ini akan menyebabkan tulang ayam menjadi salah bentuknya, paruh ayam menjadi lebih lunak, dan kaki menjadi lemah. Yang paling menonjol dari penyakit ini adalah kaki ayam bengkok dan ketika digunakan untuk berjalan kaki terasa kaku. Rakitis ini menjadi penyebab kematian ayam tertinggi karena selain menyebabkan kecacatan kualitas hidup si ayam tersebut menjadi berkurang.

Gejala DOC Ayam Broiler Lumpuh

Peternak harus mengetahui apa saja gejala dari DOC ayam broiler yang lumpuh. Dengan mengetahui gejala lebih dini diharapkan DOC ayam bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Berikut ini adalah gejala dari kelumpuhan yang patut untuk diwaspadai:

1.      Kaki sebelah kondisinya menjulur melebihi batas sendi. Sebelah kaki tersebut bisa kana atau kiri.
2.      Pembengkakan pada sendi. Ketika hal ini terjadi DOC ayam menjadi malas dan susah untuk berdiri.
3.      Gejala kelumpuhan pada DOC ayam maupun pada periode lainnya yang terakhir adalah kaki melebar ke samping kanan atau ke samping kiri.

Demikianlah beberapa penyebab DOC ayam broiler menjadi lumpuh dan gejalanya yang penting untuk diwaspadai, semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Klaim Asuransi Pendidikan Anak dengan Mudah

3 Asuransi Pendidikan dengan Premi Murah

Apa Saja Kegunaan dan Jenis Asuransi Ekspor? Berikut Ulasannya